Saturday, March 28, 2015

Tabungan di Bank Syariah, akad wadiah itu apa??


Sebagai seseorang yang ngga pernah bisa lepas dari yang namanya duit. Kita tentunya dituntut untuk bisa ngelola uang kita dengan baik. Nah, jangan ngaku pinter ngelola duit deh, kalau ngga tau skema tabungan di bank syariah itu kaya gimana.

Ada yang pernah buka rekening dan nabung di bank syariah? Banyak banget yah akadnya-_-

Tapi, kalau dijelasin pasti ngerti deh. Sebenernya ada dua akad di tabungan bank syariah. Ada Akad wadiah dan akad mudharabah. Yang paling terkenal itu akad mudharabah, tapi aku lagi pengen jelasin dulu tentang akad wadiah.


Sebelum aku jelasin lebih lanjut, kita harus tau prinsip dari tabungan itu sendiri. Pada umumnya, konsep tabungan itu kan.. kita nabung ke bank, nah duit tabungan kita itu sama si bank dialihin ke orang-orang yang kredit ke bank. Bank ngasih bunga ke penabung sebesar 3%, terus orang yang kredit harus bayar bunga ke bank 10%. Bank dapet untung 7%.  Well, itu cuma ilustrasi, tapi ini bisa ngewakilin arti dari fungsi bank sebagai lembaga intermediasi.

Back to akad wadiah yah. Apasih arti wadiah itu? Wadiah itu arti kasarnya “nitip”. Jadi, istilahnya kita nitipin duit kita ke Bank. Jelas?
Hehe
Lanjut..

Nah, akad wadiah itu ada dua jenis. Wadiah Yad Al Amanah dan Wadiah Yad Adh Dhamanah. Deuh belibet bener bahasanya haha. Tapi, pasti ngerti kok. Ini gampang banget secara konsep.

Wadiah Al Amanah itu kita nabung di Bank, dan uang kita itu ngga boleh diapa-apain sama Bank. Namanya juga “Amanah”. Duit kita ngga boleh diapa-apain sama si bank. Kita Cuma ngasih amanah ke Bank untuk menjaga uang kita. Nah, sebagai kompensasi, kita dibolehkan ngasih fee . Iyalah, anggap aja kita ngasih upah ke Bank karena udah jagain duit kita. Daripada disimpen di bawah bantal atau kasur? Hihi.

Nah, akad wadiah al amanah ini biasanya diterapkan pada produk “safe deposit box”. Pernah denger? Safe deposit box itu salah satu produk bank. Kita ngasih amanah ke bank biar jagain barang berharga kita. Biasanya ngga dalam bentuk duit, tapi emas batangan, perhiasan, akta lahir, buku nikah, hehe. Biar aman maksudnya. Nah kan kalau bentuknya barang, udah jelas itu barang ngga bisa diapa-apain atau diotak-atik sama bank.

Nah satu lagi, ada akad wadiah yad adh dhamanah. Kalau akad ini bedanya itu.. si duit yang dititipin tadi boleh diapa-apain sama si bank. Pastinya nanti pas kita butuh itu duit, duit itu tetep ada. Kalau tiba-tiba ilang. Demo aja !! haha.  Uang kita itu dipake investasi sama bank, kalau bank punya untung karena hasil investasi dari uang kita, kita ngga punya hak untuk minta bunga atau keuntungan atau bagi hasil. Kenapa? Wong nama juga akadnya wadiah. NOTE. WADIAH=NITIP. CUMA NITIP. BUKAN INVESTASI. Kalau investasi itu pakenya akad mudharabah. Kalau nitip jangan berharap kita dapet sesuatu.

Tapi, kabar gembiranya nih.. menurut Fatwa DSN MUI Nomor 02/DSN-MUI/IV/2000, walaupun akadnya wadiah yang artinya “nitip”, pihak bank boleh loh ngasih bonus ke kita namanya ‘athaya. YEAAAHH J Hal ini sebagai ungkapan rasa terima kasih bank karena kita udah percaya nitipin uang kita di bank. Selain itu, ini juga biar perbankan syariah ngga kalah saing sama bank konvensional.

Oke, sudah sangat jelas kan?? Bagi yang mau sharing tentang pengalamannya nabung di bank syariah, monggo di-comment, hehe kalau yang mau ngadu atau konsultasi privat langsung aja di email irzaqori@gmail.com, feel  free to answer and sharing. Oke, next time kita bahas akad mudharabah.

12 comments:

  1. formnya kenal banget tuh
    pegangang saya sehari-hari dulu
    sampai ngelotok ngapalin akad2 karena harus njelasin ke nasabah
    salam kenal yaaa dari alumni ipb juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa mesti belajar nih sama yang udah expert. hihi
      makasih mbak astri.. salam kenal juga :)
      waa angkatan berapa??

      Delete
  2. Saya gak terlalu ngerti sama yang beginian, padahal nabung di bank syariah juga :p hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, gapapa mbak, emang agak belibet juga.. hihi tapi alhamdulillaah kalau udah nabung di bank syariah :)

      Delete
  3. AKu juga nabung di bank Syariah maak

    ReplyDelete
  4. saya juga punya tabungan di bank syariah.. tapi waktu itu ga ngeh akadnya yang mana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang terkadang kita suka miss information ttg akadnya mak, yang penting syariah aja.. hehe

      Delete
  5. Berarti kalau dibuat perbandingan, aku tanya out of topic ya. Antara bank umum dengan bank syariah, lebih menguntungkan yang mana? bagi nasabah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilihat dari dua aspek mas, aspek tabungan sama kredit.
      Keduanya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, hihi.
      Tergantung preferensi si nasabah mas, kadang ada nasabah yang lebih mengutamakan murahnya, atau ada juga yang lebih mengutamakan tingkat kehalalannya, ada juga yang lebih mengutamakan brand bank nya hihi.

      Delete